Bunga Melati

Bunga melati adalah bunga yang sangat populer dan dikagumi karena keindahan, aroma, dan juga memiliki banyak manfaat bagi  kesehatan maupun kecantikan. Melati adalah salah satu bunga taman yang paling umum. Biasanya melati digunakan untuk melapisi pagar dan dinding taman atau rumah karena keindahan serta aromanya yang semerbak. Nah, fakta-fakta yang dapat temukan di sini akan kami bahas, yaitu ciri-ciri, jenis, habitat, dan manfaat melati.

Bunga Melati

Bunga Melatih satu bunga yang memiliki aroma khas adalah melati. Karakteristik utama melati adalah aroma bunganya yang semakin semerbak pada malam hari. Aroma melati sangat sering digunakan sebagai bahan parfum dan kosmetik. Melati tumbuh subur di daerah beriklim hangat. Bunga ini memiliki daun hijau serta bunga yang halus. Umumnya  melati memiliki lima kelopak, mirip dengan bintang.

Sebagai besar karangan bunga  berwarna putih. Namun ada juga melati yang berwarna kuning seperti jenis melati musim dingin. Melati dapat tumbuh dengan sangat baik di kebun dan teras, ada juga beberapa jenis melati yang dapat tumbuh di dalam rumah dan beradaptasi dengan pot yang bahkan tidak membutuhkan tanah. Tinggi atau panjang tanaman dapat mencapai tiga meter atau lebih. Batangnya berbentuk bulat atau segi empat, berkayu, serta bercabang banyak seolah merumpun.

Daunnya berbentuk bulat telur [menyirip] dengan lebar 1,5-6 cm dan panjang sekitar 2,5-10 cm.  melati biasanya ditemukan di negara tropis. Umumnya tanaman ini akan mekar di musim dingin sehingga berbunga mulai dari januari hingga maret. sinar matahari yang cukup diperlukan agar melati dapat tumbuh dengan baik. Tetapi tanaman ini tidak boleh terkena langsung dengan sinar matahari. Selain itu, sebaiknya suhu daerah sekitar tidak lebih dari 25 derajat karena dapat merusak bunga.

Jenis-jenis Bunga Melati

 

Bunga melati memiliki variasi lebih dari tiga ratus spesies. Tanaman cantik ini bisa di tanam baik di tanah maupun di pot. Beberapa jenis bunga di dunia, yaitu:

1. Melati Gambir [Jasminum offcinale]

 Melati

Melati gambir juga di kenal sebagai melati biasa. Bunga ini berasal dari Iran utara, Pakistan, India, Afghanistan, Nepal, dan Cina barat. Spesies melati gambir merupakan yang paling banyak dibudidayakan.

2. Melati Musim Dingin [Jasminum nudiflorum]

Keunggulan Bunga Melati

Lebih dikenal sebagai melati kuning, melati jenis ini adalah spesies keluarga semak dari Oleaceae, yang berasal dari pegunungan Tibet. Bunga ini juga bisat disebut melati dari saint joseph.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *