Bunga Peony

Bunga peony. Jika sebelumnya saya telah membahas tentang cara menanam, kali ini saya akan mengungkapkan fakta-fakta menarik serta makna dari bunga, salah satu tanaman karangan bunga paling favorit. Bicara soal keindahan, bunga memang memiliki karakteristik tersendiri serta daya pikatnya tidak ada habisnya. Namun ternyata selain bunganya yang begitu harum serta menawan hati, ternyata mempunyai manfaat bagi kesehatan manusia.

Manfaat Bunga Peony Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Bunga Poeny

Bicara soal manfaat dari bunga yang biasanya digunakan di acara-acara pernikahan ini, ternyata peony mempunyai beragam manfaat di antaranya:

1. Akar Tanaman Peony

Di bagian akar tanaman Peony Tiongkok [Paeonia lactiflora], biasanya atau malah sering digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok untuk penghilang rasa sakit, pencegah infeksi, dan penurun panas.

2. Ekstrak Bunga Peony

Ekstrak dari bunga terutama peony putih ternyata memiliki manfaat dalam membantu mencerahkan serta mengencangkan kulit. Bunga dipercaya memiliki zat antiradikal bebas yang mana fungsinya sebagai agen antioksidan. Jadi bagi Anda yang memiliki kulit yang kusam bisa memanfaatkan ekstrak dari bunga untuk menambah kecerahan wajah anda.

Konon katanya menurut masyarakat Tionghoa bunga ini memiliki reputasi tinggi dan mendapat julukan sebagai Rajanya Bunga oleh masyarakat di Tiongkok, karena kemampuannya yang membantu mencerahkan kulit yang kusam.

3. Peony Putih Bagi Para Wanita

Bunga Poeny

Bunga yang berwarna putih diterangi dapat digunakan untuk mengatasi masalah di sekitar organ kewanitaan seperti mengurangi pendarahan saat menstruasi, serta mengatasi gejala menopause. Bunga  yang dijadikan sebagai pengobatan herbal Tiongkok ini bahkan mampu mengatasi masalah seputar kemamilan seperti misalnya mampu mencegah keguguran dan juga maslah gynecolgical lain.

Dan untuk mengatsi masalah  pada organ kewanitaan seperti keputihan, Anda dapat menggunakan sekitar 4 mg bubuk yang terbuat dari akar peony putih. Cara penyajiannya adalah diseduh sebagai teh sehingga aman dikomsumsi. Coba minum selama 3 kali sehari, semoga dapat menghilangkan keputihan.

Arti dan Makna Bunga Peony, Juga Legendanya

Sebelum membahas mengenai arti atau makna dari bunga sebelumnya saya akan bercerita mengenai legenda bunga ini, salah satunya yaitu paeon.

Apa atau siapa itu Peon

Paeon itu adalah seorang murid, murid dari seorang Dewa penyembuh dalam Mitologi Yunani yang bernama Asclepius. Paeon ini bukan sembarang murid, dia memiliki kecerdasan yang sangat super. Oleh karena kelebihan yang ia miliki, sang guru yang bernama Asclepius menjadi iri dan berniat akan mencelakakansi si Paeon. Untungnya Dewa Zeus mengetahui hal ini lalu menyelamatkan sang murid dengan cara bim mengubahnya menjadi bunga. Dengan begitu selamatlah dari amukan sang guru, Asclepius.

Kembali kepada arti atau makna dari bunga, tidak hanya di China saja, sekarang masih tetap menjadi bunga favorit di berbagai negara di dunia. Di China sendiri, bunga sangat sering digunakan pada upacara pernikahan karena diyakini memiliki makna dalam urusan cinta, kemakmuran, kebahagiaan, dan juga nasib yang lebih baik. Selain itu, juga menjadi lambang dari kehormatan serta kepribadian yang berkelas.

Fakta Menarik dari Bunga Peony

1. Fakta yang pertama yaitu ternyata si peony sudah dikenal di Eropa saat pasukan Romawi membawanya pada tahun 1200.

2. Nama lain dari Peony yaitu Mudan, begitulah masyarakat China menyebutkanya dan termasuk sebagai simbol bunga nasional sejak tahun 1903.

3. Catatan mengenai bunga peony telah ditemukan dalam buku-buku botani terbitan pada tahun 1636.

4. Apabila Anda membiarkan peony selama kurang lebih dua minggu terpapar sinar matahari langsung, daun bunganya akan berubah menjadi warna merah anggur.

5. Peony dikenal sebagai bunga pengobatan. Di Jepang, peony memiliki nama atau sebutan yaitu Ebisugusuri yang berarti obat dari Negara China.

6. Peony termasuk bunga yang sering digunakan dalam keramik maupun lukisan dari China.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *