Cara Menanam Bunga Cosmos dari Biji

Cara menanam bunga cosmos dari biji. Tanaman cosmos berasal dari Meksiko. Di Indonesia ini dikenal dengan sebutan kenikir atau ulam raja. Cosmos merupkan tumbuhan tropis dan tumbuh liar di alam. Cosmos atau kenikir merupakan anggota famili dari Asteraceae. Nama ilmiah dari cosmos adalah Cosmos caudatus. Daun dari cosmos dapat dimakan  [edible] sebagai lalapan atau daun salad, bahkan dijuluki king of salad di luar negri. Benuk tanaman cosmos adalah bargarisgaris dan berbatang pipa dengan ketinggiannya dapat mencapai 1 meter daunnya mempunyai tangkai yang panjang.

Cara Menanam Bunga Cosmos dari Biji

Cara Menanam Bunga Cosmos dari Biji

Pada bagian bongkolnyalah bunga-bunganya tersususn. Bongkol-bongkol ini banyak terdapat di ujung batang tanaman. Habitat karangan bunga cosmos adalah pada cuaca panas tapi tidak begitu lembab. Di Indonesi tanaman cosmos atau kenikir ini banyak dijumpai di jawa, mulai dari dataran rendah sampai daerah pegunungan hingga ketinggian 1200 mdpl.

Cara Menanam Bunga Cosmos dari Biji

Apabila Anda ingin menanam cosmos dari biji, berikut tahapannya [dilengkapi dengan cara merawat yang baik dan benar]:

1. Ambil bibit biji cosmos dari bunga yang sudah kering atau bisa dibeli di toko kami [ini link untuk benih bunga cosmos], keudian sebar bibit pada media tanam [biji cosmos berwarna cokelat sampai hitam] kemudian tanam pada kondisi terkena sinar sinar paparan matahari penuh dan lindungi dari terpaan angin kencang.

2. Anda juga bisa menanam biji cosmos satu per satu, caranya ambil satu persatu biji cosmos, tekan dan pendam bijinya ke tanah dengan tanah gambur usahakan penutupnya jangan terlalu tebal dan jangan terlalu tipis, kalau terlalu tebal akan menghalangi tumbuhnya biji karena akan susah menembus lapisan tanah dan penutupnya terlalu tipis beresiko bibit akan mengalami kekeringan dan akan mudah terlepas dari medianya bila disiram dengan air karena akarnya belum sepenuhnya mencengkeran.

3. Langkah selanjutnya adalah lakukan penyiraman dengan air. Letakkan di tempat yang hangat dan tenang [cukup sinar matahari].

4. Tanamn cosmos membutuhkan media tanam tanah yang tingkat pH nya netral dan kering. Tanaman yang sudah meninggi disarankan untuk diberikan penyanggah untuk menghindari cosmos roboh atau bisa juga dengan mengurangi jarak tanam kurang dari 2 kaki agar tanaman dapat saling menyanggah satu sama lain.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *